Cisco System

Cisco merupakan produk yang menawarkan berbagai fitur terkini yang sangat dibutuhkan oleh dunia IT saat ini. Seluruh teknologi, resource yang dimiliki oleh cisco digunakan untuk menaikkan kemampuan sistem, keamanan, kestabilan dan performa yang baik di dalam pengiriman data informasi..

Produk Cisco terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah :

Cisco Switch

Cisco menawarkan berbagai jenis switch yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai lingkungan, mulai dari jaringan rumah kecil hingga pusat data skala besar dan jaringan kampus. Berikut adalah beberapa jenis utama dari switch Cisco:

  1. Cisco Catalyst Switches: Ini adalah lini produk switch paling populer dari Cisco. Ada beberapa seri dalam keluarga Catalyst:
    • Catalyst 9000 Series: Switches kelas enterprise yang dirancang untuk era IoT (Internet of Things). Mereka mendukung otomatisasi, keamanan tingkat lanjut, dan manajemen jaringan yang lebih baik.
    • Catalyst 3000 Series: Switches yang dirancang untuk jaringan kampus dan enterprise. Mereka mendukung PoE (Power over Ethernet), keamanan tingkat lanjut, dan berbagai fitur jaringan lainnya.
    • Catalyst 2000 Series: Switches akses kelas entry-level yang cocok untuk penerapan skala kecil hingga menengah.
    • Catalyst 6000/6500 Series: Switches modular kelas enterprise yang dirancang untuk pusat data, jaringan kampus inti, dan lingkungan yang memerlukan kapasitas tinggi dan fleksibilitas.

  2. Cisco Nexus Switches: Ini adalah lini produk yang dirancang khusus untuk pusat data. Mereka mendukung teknologi seperti virtualisasi, fabric computing, dan fitur lain yang dioptimalkan untuk lingkungan pusat data.
    • Nexus 9000 Series: Switches yang mendukung mode NX-OS tradisional atau mode ACI (Application Centric Infrastructure) untuk otomatisasi dan keamanan tingkat lanjut.
    • Nexus 7000 Series: Switches modular dengan kapasitas tinggi yang dirancang untuk lingkungan pusat data skala besar.
    • Nexus 5000/5500 Series: Switches yang dirancang untuk integrasi dengan solusi storage dan mendukung Unified Fabric.
    • Nexus 3000 Series: Switches yang dioptimalkan untuk high-frequency trading environments dengan latensi ultra-rendah.

  3. Cisco Meraki Switches: Ini adalah lini produk switch berbasis cloud yang memungkinkan manajemen, monitoring, dan otomatisasi jaringan melalui dashboard berbasis cloud.

  4. Cisco Small Business Switches: Seperti namanya, switches ini dirancang untuk kebutuhan jaringan bisnis kecil. Mereka menawarkan fitur-fitur dasar yang diperlukan untuk jaringan skala kecil dengan harga yang lebih terjangkau.

  5. Cisco Industrial Ethernet Switches: Switches yang dirancang untuk lingkungan industri yang keras, seperti manufaktur, utilitas, transportasi, dan sektor energi. Mereka tahan terhadap suhu ekstrem, kelembaban, dan kondisi lain yang ditemukan di lingkungan industri.

Setiap jenis dan seri switch Cisco memiliki fitur, kapasitas, dan spesifikasi teknis yang berbeda. Pemilihan switch yang tepat tergantung pada kebutuhan spesifik jaringan, ukuran organisasi, anggaran, dan persyaratan teknis lainnya.

Cisco Router

Router adalah perangkat jaringan yang mengarahkan lalu lintas data antara jaringan komputer. Router Cisco digunakan di berbagai lingkungan, mulai dari rumah dan bisnis kecil hingga ISP, pusat data, dan organisasi skala besar.

Jenis Produk Router Cisco:

  1. Cisco Integrated Services Routers (ISR)
    • ISR 4000 Series: Router kelas enterprise yang dirancang untuk kantor cabang dan lokasi menengah hingga besar. Mereka menawarkan layanan integrasi seperti komunikasi suara, video, keamanan, dan aplikasi.
    • ISR 1000 Series: Cocok untuk kantor cabang kecil hingga menengah dengan fitur-fitur canggih dan opsi konektivitas yang beragam.
    • ISR 800 Series: Router kelas entry-level yang cocok untuk kantor cabang kecil atau aplikasi industri.

  2. Cisco Aggregation Services Routers (ASR)
    • ASR 1000 Series: Router kinerja tinggi yang dirancang untuk layanan penyedia dan aplikasi pusat data. Mereka mendukung aplikasi seperti WAN aggregation, peering IP, dan layanan virtualisasi.
    • ASR 9000 Series: Router kelas penyedia layanan yang dirancang untuk aplikasi edge dan core dalam jaringan penyedia layanan.

  3. Cisco Cloud Services Router (CSR) 1000V Series
    • Router virtual yang dirancang untuk pusat data berbasis cloud dan lingkungan virtual. CSR 1000V memungkinkan perusahaan untuk memindahkan beban kerja ke cloud sambil mempertahankan konsistensi layanan jaringan.

  4. Cisco 500 Series WPAN Industrial Routers
    • Router yang dirancang khusus untuk aplikasi industri seperti utilitas, transportasi, dan otomasi pabrik. Mereka mendukung teknologi seperti Wireless Personal Area Network (WPAN) dan 4G LTE.

  5. Cisco Small Business Routers
    • Seri router yang dirancang khusus untuk kebutuhan bisnis kecil, menawarkan konektivitas yang andal dengan harga yang terjangkau.

Fitur dan Teknologi

Router Cisco dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi canggih, termasuk keamanan terintegrasi, manajemen jaringan yang ditingkatkan, otomatisasi, dan analisis. Dengan teknologi seperti Software-Defined WAN (SD-WAN) dan Application Experience (AX), router Cisco memungkinkan organisasi untuk mengoptimalkan kinerja jaringan, meningkatkan keamanan, dan mempercepat transformasi digital.
Dengan berbagai pilihan produk dan fitur, Cisco menawarkan solusi router untuk hampir setiap kebutuhan jaringan. Baik Anda memerlukan router sederhana untuk kantor kecil atau solusi kelas penyedia layanan untuk jaringan skala besar, Cisco memiliki produk yang sesuai.

Cisco adalah salah satu pemimpin industri dalam solusi jaringan nirkabel. Produk dan solusi nirkabel Cisco dirancang untuk memberikan koneksi yang aman, andal, dan cepat di berbagai lingkungan, mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan skala besar dan kampus. Berikut adalah gambaran umum tentang solusi nirkabel Cisco:

1. Cisco Wireless Access Points (APs)

Akses poin adalah perangkat yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan kabel melalui Wi-Fi. Cisco menawarkan berbagai model AP untuk berbagai kebutuhan:

  • Cisco Aironet Series: Ini adalah lini produk AP yang populer, yang mencakup berbagai model untuk kebutuhan indoor dan outdoor. Beberapa model mendukung standar Wi-Fi terbaru, seperti Wi-Fi 6, dan menawarkan fitur-fitur canggih seperti Multiple Input Multiple Output (MIMO), beamforming, dan lainnya.

  • Cisco Catalyst APs: Ini adalah generasi terbaru dari APs Cisco yang mendukung Wi-Fi 6 dan integrasi yang lebih erat dengan arsitektur jaringan Cisco lainnya.

2. Cisco Wireless Controllers

Kontroler nirkabel memungkinkan administrasi, manajemen, dan otomatisasi jaringan nirkabel skala besar. Mereka memudahkan tugas-tugas seperti konfigurasi AP, keamanan, dan pemantauan kinerja.

  • Cisco Wireless LAN Controller (WLC): Ini adalah perangkat keras atau solusi berbasis perangkat lunak yang memungkinkan manajemen sentral dari APs dalam jaringan. Contoh termasuk Cisco 3500, 5500, dan 8500 series WLCs.

3. Management and Automation

Cisco menawarkan berbagai alat dan platform untuk memudahkan manajemen jaringan nirkabel:

  • Cisco DNA Center: Ini adalah platform terpusat untuk manajemen jaringan yang memungkinkan otomatisasi, kebijakan berbasis niat, dan wawasan jaringan.

  • Cisco Prime Infrastructure: Ini adalah solusi manajemen yang menyediakan pemantauan, pemetaan, pemecahan masalah, dan otomatisasi untuk infrastruktur nirkabel dan kabel.

4. Wireless Security

Keamanan adalah aspek penting dari setiap jaringan nirkabel. Cisco menawarkan berbagai fitur dan produk untuk melindungi jaringan nirkabel:

  • WPA3: Standar keamanan nirkabel terbaru yang didukung oleh APs Cisco.

  • Identity Services Engine (ISE): Solusi yang memungkinkan kontrol akses berbasis identitas dan kebijakan di seluruh jaringan.

  • Cisco CleanAir: Teknologi yang mendeteksi dan mengatasi gangguan RF, memastikan kinerja jaringan yang optimal.

5. Cisco Meraki

Ini adalah lini produk berbasis cloud yang mencakup solusi nirkabel. Dengan Meraki, Anda dapat mengelola AP, switch, dan perangkat keamanan dari dashboard berbasis cloud.


Solusi nirkabel Cisco dirancang untuk skalabilitas, keandalan, dan keamanan. Dengan berbagai produk dan teknologi yang ditawarkan, Cisco memungkinkan organisasi untuk membangun jaringan nirkabel yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Cisco Firewall

Firewall adalah perangkat atau perangkat lunak yang memantau dan mengendalikan lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar berdasarkan kebijakan keamanan yang ditentukan. Firewall Cisco dirancang untuk melindungi jaringan dari akses yang tidak sah, serangan, malware, dan ancaman lainnya.

Jenis Produk Firewall Cisco:

  1. Cisco ASA (Adaptive Security Appliance) Series
    • Cisco ASA 5500-X Series: Solusi firewall generasi berikutnya (NGFW) yang menawarkan fitur keamanan canggih, termasuk perlindungan terhadap ancaman lanjutan dan perlindungan malware.
    • Cisco ASA 1000V: Sebuah firewall virtual yang dirancang untuk lingkungan cloud dan pusat data virtual.

  2. Cisco Firepower Series
    • Cisco Firepower 2100 Series: Firewall generasi berikutnya dengan fokus pada kinerja tinggi dan throughput.
    • Cisco Firepower 4100 Series & 9300 Series: Solusi keamanan skala besar yang dirancang untuk lingkungan dengan kebutuhan throughput tinggi dan modularitas.
    • Cisco Firepower Threat Defense (FTD): Menggabungkan kapabilitas Cisco ASA dengan fitur keamanan canggih dari sistem Firepower, seperti IDS/IPS, perlindungan terhadap ancaman lanjutan, dan sandboxing.

  3. Cisco Meraki MX Series
    • Ini adalah firewall berbasis cloud yang dirancang untuk manajemen yang mudah melalui dashboard Meraki berbasis cloud. Selain fungsi firewall, MX Series juga menawarkan fitur SD-WAN.

  4. Cisco Virtual Firewalls
    • Cisco NGFWv (Next-Generation Firewall Virtual) dan Cisco ASAv: Ini adalah solusi firewall virtual yang dirancang untuk lingkungan virtual dan cloud, memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang diperlukan untuk operasi di pusat data modern.

Fitur dan Teknologi

Firewall Cisco menawarkan berbagai fitur dan teknologi canggih, termasuk:
  • Intrusion Prevention System (IPS): Mendeteksi dan mencegah ancaman di jaringan secara real-time.
  • Advanced Malware Protection (AMP): Melindungi jaringan dari malware dengan pendeteksian lanjutan dan respons terhadap ancaman.
  • URL Filtering: Mengontrol akses ke situs web berdasarkan reputasi dan konten.
  • VPN (Virtual Private Network): Memungkinkan koneksi jaringan yang aman dari lokasi jauh.
  • Identity and Access Control: Mengidentifikasi dan mengontrol pengguna dan aplikasi di jaringan.

Cisco Collaboration

Cisco Collaboration adalah kumpulan solusi yang dirancang oleh Cisco untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi di antara tim dan individu dalam organisasi. Solusi-solusi ini mencakup komunikasi suara, video, pesan, dan konferensi, serta alat-alat lain yang memungkinkan kerja sama yang efisien di lokasi yang berbeda. Cisco Collaboration menggabungkan teknologi komunikasi dan kolaborasi untuk memungkinkan organisasi berkomunikasi dengan lebih efektif, baik di dalam maupun di luar organisasi. Ini mencakup solusi untuk pertemuan virtual, telepon, pesan instan, berbagi file, dan banyak lagi.

Jenis Produk Cisco Collaboration:


  1. Cisco Unified Communications Manager (CUCM)
    • Ini adalah platform komunikasi suara dan video kelas enterprise yang menyediakan layanan panggilan, konferensi, pesan, dan mobilitas.

  2. Cisco Webex
    • Webex Meetings: Solusi konferensi video berbasis cloud yang memungkinkan pertemuan virtual dengan video, audio, dan berbagi konten.
    • Webex Teams: Alat kolaborasi yang menyediakan pesan, berbagi file, papan tulis, dan kemampuan pertemuan dalam satu aplikasi.
    • Webex Devices: Perangkat keras seperti Webex Board dan Webex Desk Series yang dirancang untuk ruang rapat dan kolaborasi.

  3. Cisco Jabber
    • Aplikasi komunikasi yang menyediakan pesan instan, suara, video, dan konferensi di berbagai perangkat, termasuk Windows, Mac, iOS, dan Android.

  4. Cisco TelePresence
    • Solusi video konferensi kelas enterprise yang mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk menyediakan pengalaman pertemuan yang mendalam dan real-time.

  5. Cisco Contact Center
    • Solusi untuk pusat kontak yang menyediakan fitur seperti distribusi panggilan otomatis, manajemen interaksi, dan analitik.

  6. Cisco Unity Connection
    • Solusi voicemail dan pesan terpadu yang memungkinkan pengguna mengakses dan mengelola pesan suara dari berbagai perangkat dan aplikasi.

  7. Cisco Expressway
    • Platform yang menyediakan konektivitas aman antara pengguna di luar firewall organisasi dengan sumber daya internal tanpa perlu VPN.

Fitur dan Teknologi

Produk-produk Cisco Collaboration dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi canggih, termasuk:
  • End-to-End Encryption: Mengamankan komunikasi dari titik ke titik untuk melindungi privasi dan data.
  • Interoperabilitas: Kemampuan untuk bekerja dengan solusi dan perangkat dari vendor lain.
  • Integrasi Cloud: Banyak produk Cisco Collaboration menawarkan integrasi dengan layanan cloud, memungkinkan akses dan kolaborasi dari mana saja.
  • AI dan Machine Learning: Beberapa solusi, seperti Webex, telah mengintegrasikan fitur berbasis AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Cisco Optics and Transceivers

Cisco Optics and Transceivers adalah komponen kritis dalam solusi jaringan Cisco, memungkinkan komunikasi data antar perangkat melalui kabel serat optik atau kabel tembaga. Mereka digunakan dalam berbagai perangkat jaringan, termasuk switch, router, dan server, untuk menyediakan konektivitas dan komunikasi data berkecepatan tinggi.

  1. Apa itu Transceiver? Transceiver adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima data. Dalam konteks serat optik, transceiver mengubah sinyal listrik dari perangkat pengirim menjadi sinyal optik untuk transmisi melalui serat optik, dan sebaliknya.

  2. Jenis-Jenis Cisco Optics and Transceivers

SFP (Small Form-factor Pluggable)
      • Deskripsi: Standar industri untuk transceiver modular.
      • Aplikasi: Biasanya digunakan untuk konektivitas Gigabit Ethernet dan konektivitas serat optik lainnya dalam jarak pendek hingga menengah.

SFP+ (Small Form-factor Pluggable Plus)

      • Deskripsi: Evolusi dari SFP, mendukung kecepatan data hingga 10 Gbps.
      • Aplikasi: 10 Gigabit Ethernet, serta beberapa aplikasi jaringan lainnya seperti SDH dan SONET.

QSFP (Quad Small Form-factor Pluggable) & QSFP+

      • Deskripsi: Transceiver dengan kecepatan tinggi yang mendukung konektivitas hingga 40 Gbps (QSFP+) atau lebih.
      • Aplikasi: 40 Gigabit Ethernet dan konektivitas jaringan berkecepatan tinggi lainnya.

QSFP28

      • Deskripsi: Varian QSFP yang mendukung kecepatan 100 Gbps.
      • Aplikasi: 100 Gigabit Ethernet.

CFP (C Form-factor Pluggable)

      • Deskripsi: Transceiver berkecepatan tinggi yang dirancang untuk 100 Gbps dan aplikasi berkecepatan tinggi lainnya.
      • Aplikasi: 100 Gigabit Ethernet, OTN, dan lainnya.

Cisco BiDi Transceiver

      • Deskripsi: Transceiver yang dirancang untuk mengirim dan menerima data pada panjang gelombang yang sama, memungkinkan transmisi dua arah pada satu serat.
      • Aplikasi: Solusi hemat biaya untuk upgrade jaringan tanpa perlu menambah serat.
  1. Fitur dan Teknologi
    • Digital Optical Monitoring (DOM): Memungkinkan pemantauan real-time dari transceiver, termasuk parameter seperti suhu, tegangan pasokan, daya transmisi, dan daya penerimaan.
    • Hot-swappable: Kemampuan untuk menambah atau mengganti transceiver tanpa perlu mematikan perangkat atau mengganggu operasi jaringan.
    • Kompatibilitas: Banyak transceiver Cisco dirancang untuk kompatibilitas dengan berbagai standar industri dan perangkat jaringan.

Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami

Cisco Indonesia, Distributor Cisco Indonesia, Distributor Cisco, Cisco Partner Indonesia

62895156580006289515658000